Tuesday, 2 May 2017

Software Requirement System Sistem Pendfataran Online

halo guys kali ini aku akan memberikan rancangan srs tugas kuliah aku dulu langsung aja kaya di bawah ini

Software Requirement System
Sistem Pendfataran Online
(Studi Kasus : SMP Pembangunan Ma’arif)

===============lengkapnya DOWNLOAD DISINI=================



DAFTAR ISI

  1. PENDAHULUAN
1.1 Tujuan   
1.2 Ruang Lingkup   
1.3 Definisi   
1.4 Referensi   
1.5 Sistematika   
  1. DESKRIPSI UMUM
2.1 Perspektif   
2.2 Kegunaan   
2.3 Karakteristik Pengguna   
2.4 Batasan-batasan   
2.5 Asumsi dan Ketergantungan   
  1. SPESIFIKASI KEBUTUHAN
3.1 Kebutuhan Fungsional   
3.1.1 Pendahuluan   
3.1.2 Input   
3.1.3 Proses   
3.1.4 Output   
3.2. Kebutuhan Antar Muka Eksternal   
3.2.1 Kebutuhan Antar Muka Pengguna   
3.2.2 Kebutuhan Antar Muka Perangkat Keras   
3.2.3 Kebutuhan Antar Muka Perangkat Lunak   
3.2.4 Kebutuhan Antar Muka Komunikasi   
3.3 Kebutuhan Performasi   
3.4 Atribut   
3.4.1 Keamanan Sistem   
3.4.2 Pemeliharaan   





















  1. PENDAHULUAN
    1. Tujuan
Tujuan dari pembuatan Website SMA Ma’arif Yogyakarta adalah sebagai berikut :
  1. Memberikan kemudahan bagi pihak panitia penerimaan siswa baru dalam hal mendata calon siswa baru.
  2. Menghemat biaya anggaran kertas untuk formulit pendaftaran ( paperless system).
  3. Dapat melakukan pendaftaran siswa baru serta seleksi masuk SMA Ma’arif Yogyakarta secara online.

    1. Ruang Lingkup
Ruang lingkup dalam pembuatan website ini menggunakan Perangkat lunak berupa CSS dan HTML. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat web online dari design tampilan hingga menentukan system yang di pakai di dalam web. Sistem ini diperlukan untuk mempermudah pengunjung mendapatkan informasi sekolah di SMA Yogyakarta serta untuk seleksi pendaftaran murid baru SMA Ma’arif Yogyakarta.

    1. Definisi
Definisi - definisi dari istilah yang digunakan dalam dokumen ini diantaranya:
User    : Pengguna dari perangkat lunak
Website    : Sebuah situs yang diakses secara online (melalui jaringan internet) berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML.
Password    : Kata kunci rahasia (sandi) yang digunakan dalam mengakses sistem.
Interface     : Tampilan antarmuka

    1. Referensi
  1. Dokumen pendaftaran peserta didik baru
  2. Dokumen gambar

    1. Sistematika
Dokumen SRS ini dibagi menjadi tiga bagian utama, yaitu :
  1. Pendahuluan yang berisi penjelasan tentang tujuan pembuatan website, lingkup masalah yang dipengaruhi oleh kebutuhan instansi, definisi, referensi dan sistematika.
  2. Deskripsi Umum yang berisi penjelasan secara umum mengenai pembuatan website, meliputi perspektif deskripsi umum sistem,karakteristik pengguna, batasan-batasan dan asumsi penggunaan.
  3. Spesifikasi kebutuhan yang berisi uraian kebutuhan perangkat lunak secara lebih rinci.

  1. DESKRIPSI UMUM
    1. Perspektif
Dalam membantu pantia penerimaan siswa baru dan calon peserta didik baru serta masyarakat umum untuk memperoleh informasi akademik sekolah dan pendaftaran secara online dibuatlah System web pendaftaran online.
Website ini menangani kegatan - kegiatan antara lain pendaftaran calon peserta didik baru, publikasi kegiatan akademik sekolah, publikasi informasi akademik sekolah dan kontak instansi pendidikan SMA Ma’arif Yogyakarta.

    1. Kegunaan
Website ini memiliki kegunaan yang nantinya dapat membantu panitia penerimaan siswa baru dalam melaksanakan kegiatan operasionalnya. Selain bagi panitia penerimaan siswa baru, kegunaan Website juga dapat dirasakan oleh pengguna layanan Online SMA Ma’arif Yogyakarta. Dengan adanya Website ini, mereka dapat mendapatkan pendaftaran sekolah secara lebih efektif dan efisien.
Kegiatan yang di lakukan website tersebut meliputi pengelolaan pendaftaran peserta didik baru, pengelolaan kontak pengunjung, pendataan peserta didik SMA Ma’arif Yogyakarta serta pengelolaan publikasi kegiatan akademik sekolah, Pengelolaan profil SMA Ma’arif Yogyakarta. Keberadaan Website ini, membuat panitia penerimaan siswa baru dapat melaksanakan kegiatan operasional kesiswaan secara efisien, serta mengurangi kesalahan dalam pencatatan data.

    1. Karakteristik Pengguna
Karakterisitik pengguna dari website ini adalah semua yang ingin menperoleh informasi akademik sekolah misalnya calon peserta didik baru, guru, Staff, Kepala Sekolah,Administrator dan masyarakat umum. Namun, pengguna yang berinteraksi dengan sistem website dihubungkan dengan hak akses dan level autentifikasi sesuai dengan kebutuhan dan aturan yang terdapat pada instansi.

    1. Batasan-Batasan
  1. Website ini dapat diakses melalui PC laptop dan komputer yang terhubung ke jaringan internet. 
  2. Waktu pembuatan website yang singkat membuat adanya kemungkinan tidak semua fungsi yang ada dapat dilaksanakan.
  3. Pengembangan website tidak akan merubah file-file ataupun database yang ada pada saat ini tanpa adanya izin dari pimpinan instansi.
  4. Pengembangan website ini akan mengelolaan data-data instansi pendidikan SMA Ma’arif Yogyakarta, yang meliputi data personal peserta didik, publikasi kegiatan akademik sekolah dan laporan untuk pimpinan instansi.
    1. Asumsi dan ketergantungan
  1. Pengunjung Website SMP Pembangunan Ma’arif Yogyakarta adalah Masyarakat secara umum.
  2. Staff TU bertugas untuk mengelola data-data kesiswaan dan publikasi kegiatan sekolah.
  3. Pemegang akses tertinggi adalah admin (Pengembang website) untuk melakukan perubahan sistem jika diperlukan.

  1. SPESIFIKASI KEBUTUHAN
    1. Kebutuhan Fungsional
Kebutuhan Fungsional adalah kebutuhan yang harus dipenuhi agar suatu sistem dapat berjalan atau dapat dikatakan kebutuhan tambahan yang memiliki input, proses, dan output. Kebutuhan fungsional yang harus ada dalam sistem yang akan dibangun ini adalah sebagai berikut:
  1. Sistem harus dapat menyediakan informasi penerimaan calon peserta didik baru bagi pengunjung website secara lebih detail, cepat dan efektif.
  2. Sistem harus dapat mempermudah pengunjung dalam melakukan   pendaftaran peserta didik baru secara online.
  3. Sistem harus dapat mempermudah pengunjung maupun peserta didik dalam memperoleh informasi akademik secara cepat.

Aktor yang ada dalam lingkup sistem secara luas adalah :
    1. Calon Pengunjung ( Peserta didik & Masyarakat secara umum )
Yang dilakukan adalah :
    1. Mengakses situs website SMP Pembangunan Ma’arif Yogyakarta
    2. Melakukan pencarian Informasi
    3. Mengisi Form pendaftaran online calon peserta didik baru
    1. Staff TU
  1. Login
  2. Melakukan publikasi informasi akademik sekolah
  3. Memproses data calon peserta didik
  4. Menampilkan laporan penerimaan peserta didik

      1. Input
Input / Masukan Pada Proses Pendaftaran peserta didik
Input / Masukan terdiri dari :
Field Nama                : untuk entry Nama
Field NISN        : untuk entry NISN
Field Jenis Kelamin     : untuk memilih jenis kelamin
Field Agama        :untuk entry agama
Field Nama Orang tua    :untuk entry nama orang tua
Field Alamat         : untuk entry Alamat
Field Telepon                : untuk entry Telepon
Field asal sekolah        :untuk entry asal sekolah
Field Tahun lulus        :untuk entry tahun lulus
Field Nilai Rata-rata    :untuk entry nilai rata-rata UASBN
Tombol Simpan            :untuk menyimpan Data calon peserta didik

Input / Masukan Pada Proses Login Staff
Field User Name          : untuk entry nama Staff
Field Password          : untuk entry password
Tombol Login               : untuk login Staff

Input/Masukan pada proses publikasi informasi akademik
Field Galeri     : untuk memilih dokumentasi kegiatan
Field Keterangan     :untuk memberikan keterangan dari dokumentasi kegiatan
Tombol Post     :untuk melakukan posting informasi kegiatan

Input / Masukan Pada Memproses Data peserta didik
Field Cari                       : untuk entry pencarian
Field Berdasarkan        : untuk mencari peserta didik berdasarkan nama,tahun atau NISN
Tombol Cari                   : untuk mencari data peserta didik

Input / Masukan Pada Proses Laporan data peserta didik
Field Cari              : untuk entry pencarian
Berdasarkan        : untuk mencari laporan peserta didik berdasarkan tahun ajaran
Tombol Cari          : untuk mencari laporan

Adapun Use case diagram website SMP Pembangunan Ma’arif Yogyakarta adalah sebagai berikut:

No
Actor
Deskripsi
1.
Staff TU
Staff yang bertugas dalam pengelolaan data sekolah
2.
Calon peserta didik
Calon peserta didik yang belum terdaftar dan akan melakukan pendaftaran peserta didik


      1. Proses
Tampilan halaman website SMP Pembangunan Ma’arif Yogyakarta secara keseuruhan berupa gambar instansi pendidikan. Bagian atas halaman website terdapat form login Staff, menu-menu profil,kontak,agenda,PSB(Pendaftaran siswa baru) dan dokumentasi.
Form login staff dihalaman utama akan mempermudah staff masuk ke halaman staff. Staff diwajibkan mengisi form login yang terdiri dari username dan password. Kemudian Sistem akan memeriksa atau mengautentifikasi username dan pasword staff didalam database. Sitem akan membuka halaman utama staff. Dihalaman staff terdapat menu tambahan yaitu kesiswaaan dan Laporan.
Menu kesiswaan akan menyediakan informasi dari peserta didik melalui pencarian. Sistem akan membaca masukkan dari staff dan kemudian memproses pencarian. Jika pencarian ditemukan, sistem akan menampilkan data peserta didik yang dicari atau data peserta didik yang mendekati kata kunci pencarian.
Menu Laporan,akan memproses laporan daftar peserta didik. staff akan memilih menu ini untuk mencetak laporan daftar peserta didik. Sistem akan menampilkan dan mencetak laporan daftar peserta didik.
Pada menu PSB (Pendaftaran Siswa Baru) terdapat form pendaftaran calon peserta didik.Form PSB berfungsi untuk mendaftarkan calon peserta didik. Pengisian dilakukan sesuai tata cara yang disediakan .Calon peserta didik akan menginputkan data kemudian data akan tersimpan kedalam database Calon peserta didik.
Pada menu Profil, Pengunjung akan dapat membuka informasi tentang instansi pendidikan SMP Pembangunan Ma’arif Yogyakarta. Sistem akan menampilkan menampilkan Sejarah intansi pendidikan,Visi dan Misi instansi pendidikan ,Struktur Jabatan SMP Pembangunan Ma’arif Yogyakarta dan Biodata kepala sekolah.
Pada menu kontak, pengunjung dapat memperoleh informasi komunikasi interaktif  dari instansi pendidikan serta alamat instansi pendidikan SMP Pembangunan Ma’arif Yogyakarta.
Menu Registrasi agenda berfungsi untuk menginformasikan kegiatan apa saja dalam waktu dekat yang akan diselnggarakan. Dalam halaman ini akan ditampilkan agenda kegiatan di SMP Pembangunan Ma’arif Yogyakarta.
Menu Dokumentasi, akan menampilkan dokumentasi kegiatan-kegiatan SMP Pembangunan Ma’arif Yogyakarta  beserta deskripsi kegiatannya. Pada halaman ini seluruh kegiatan SMP Pembangunan Ma’arif Yogyakarta yang telah terselenggaraka akan dipublikasi.

      1. Output
Pada Website ini, output secara keseluruhan yang dihasilkan oleh input yang dimasukkan Oleh User pada proses “Mengisi Form PSB” adalah masuknya pengunjung ke halaman PSB Online SMP Pembangunan Ma’arif Yogyakarta.
Pada proses “Login” output yang dihasilkan yaitu berupa Autentifikasi sehingga user dapat masuk ke halaman utama Administrator dan mengakses seluruh informasi yang ada di halaman Administrator.
Pada Proses  “Melakukan Pencarian Kesiswaan”, output yang dihasilkan adalah berupa data / Informasi yang ingin dicari oleh Staff atau data/ informasi yang mendekati sesuai dengan jenis pencarian yang dipilih oleh user dalam bentuk tabel.
Pada “Memproses Data Peserta didik” menghasilkan output berupa data peserta didik dari database peserta didik dalam bentuk tabel dengan menu edit dan delete yang tersedia sehingga Staff dapat memanipulasi data tersebut.
Proses “Menampilkan Laporan”, output yang dihasilkan yaitu berupa laporan daftar peserta didik dengan kategori tahun ajaran atau tahun angkatan.

Adapun perincian Use-case diagram yang akan digunakan dalam SRS ini ialah form pendaftaran Online SMP Pembangunan Ma’arif Yogyakarta, berikut use case diagram dan skenario.
  1. Use-Case diagram

  1. Use-Case Description
    1. Skenario Use Case Pendaftaran
Nama Use Case
Pendaftaran
Use case id
UC-01
Aktor
Calon peserta didik baru
Deskripsi
Aktor calon peserta didik baru melakukan pendaftaran
Pre-condition
Calon peserta didik belum terdaftar didata base
Post-Condition
Data calon peserta didik baru sudah tersimpan
Sistem
  1. Calon peserta didik baru meminta sistem menampilkan forrnulir pendafatran SMP Pembangunan Ma’arif Yogyakarta
  2. Sistem menampilkan data formulir pendaftaran SMP Pembangunan Ma’arif Yogyakarta
  3. Calon peserta didik baru mengisi data-data formulir pendaftaran SMP Pembangunan Ma’arif Yogyakarta Sistem mengecek kelengkapan data calon peserta didik baru
  4. Sistem menyimpan data-data calon peserta didik yang valid

    1. Skenario Use-case Login
Nama Use Case
Login
Use case id
UC-02
Aktor
Staff
Deskripsi
Aktor staff  melakukan login masuk ke sistem
Pre-condition
Staff telah terdaftar di database
Post-Condition
Staff memiliki akses masuk menggunakan username dan password
Sistem
  1. Staff  meminta sistem menampilkan login staff
  2. Sistem menampilkan login staff
  3. Staff menginputkan username dan password
  4. Sistem memvalidasi username dan password staff
  5. Sistem menampilkan halaman admin staff

    1. Kebutuhan Antar Muka Eksternal
      1. Kebutuhan Antar Muka Pengguna
Website untuk instansi ini dibuat dengan menggunakan Aplikasi web. Dimana tampilan web didesain menggunakan template yang ada. Layanan dalam website ini dilengkapi dengan menu untuk pengaksesan berbagai fungsi yang disediakan. Interaksi antara pengguna dan perangkat lunak dilakukan dengan menggunakan keyboard dan mouse. Ada beberapa fungsi yang hanya bisa dilakukan dengan mouse dan ada yang bisa dilakukan baik dengan keyboard dan mouse (misalnya pengaksesan menu).
      1. Kebutuhan Antar Muka Perangkat Keras
Perangkat keras yang dapat digunakan dalam perangkat lunak yang dibuat adalah:
        1. PC
        2. Monitor VGA mempunyai resolusi minimal 800 x 1200 pixel.
        3.  Keyboard dan mouse untuk melakukan kegiatan user.
        4. internet broadband.
        5. Semua perangkat keras yang digunakan merupakan perangkat standar dalam sistem komputer serta untuk koneksi internet.
      1. Kebutuhan Antar Muka Perangkat Lunak
Perangkat lunak yang dibutuhkan untuk perpustakaan antara lain:
              1. Sistem Operasi Windows (XP,Vista,7,Server 2008), Linux, dll
              2. Untuk pengolahan website : PHP , HTML , CSS
              3. Untuk pengolahan Database digunakan PHP MY ADMIN
      1. Kebutuhan Antar Muka Komunikasi
Proses komunikasi dalam sistem ini menggunakan jaringan internet, dimana dapat diakses dimanapun dan kapanpun serta memiliki server pusat untuk mengontrol seluruh aktivitas pengaksesan.
    1. Kebutuhan Performansi
Untuk meningkatkan kinerja sistem  ini dibutuhkan kriteria spesifikasi ukuran kuantitatif yang harus dipenuhi oleh perangkat lunak. Sistem ini diharapkan dapat membutuhkan waktu yang sedikit dalam menyelesaikan setiap tahapan proses. Semakin sedikit waktu yang dibutuhkan, semakin besar troughput yang dapat dihasilkan. Meningkatnya kecepatan ini diharapkan dapat terjadi di setiap tahapan proses ataupun pekerjaan yang besarnya ini bergantung pada jenis prosesnya. Selain itu sistem diharapkan dapat diakses secara fleksibel, efektif dan efisien.



    1. Atribut
      1. Keamanan Sistem
Untuk memproteksi perangkat lunak dari akses, penggunaan, pengubahan, penghancuran atau pengungkapan (disclosure) yang tidak disengaja atau yang merusak. Kebutuhan yang spesifik termasuk hal-hal berikut:
      1. Adanya back up data sehingga data lebih reliable
      2. Penyimpanan data log/history
      3. Pemberian suatu fungsi ke modul-modul yang berbeda
      4. Pembatasan komunikasi terhadap suatu area tertentu dalam program
      1. Pemeliharaan
Adanya pemeliharaan dan pengecekan berkala yang akan dilakukan terhadap program yang berjalan ataupun pengecekan baik terhadap perangkat lunak itu sendiri ataupun hardware yang digunakan. Untuk pemeliharaan tiap harinya, sistem ini menggunakan keamanan jaringan Firewall untuk meminimalkan kerusakan pada sistem serta terdapat back up data untuk mencegah hal-hal tidak terduga yang tidak diinginkan.

No comments:

Post a Comment